Kejadian ini berawal dari update status bbm saya disiang itu, saya memasang DP (display picture) ghamis batik, karena memang momentnya mendekati lebaran jadi jualannya harus menyesuaikan ya, hehee... lalu ada beberapa customer yang PM (private message), Nah salah satunya mba yang satu ini
Dari dua capture antara bbm dan wa ada perbedaan profile picture jadi saya ragu kalau foto keduanya asli, lanjut lagi yuk ceritanya, jadi si mba ini pengen resell jualan saya lalu dia order 3 (tiga) ghamis dan minta diskon, setelah urusan harga dan onkir fix, si mba ini kita sebut saja mba durian ya, hahahaha...
Lalu mba durian ini meminta nomor kepada saya, tentu saya pikir nomor rekening tp ternyata yg dimaksud adalah no telp saya, tanpa pikir negative saya kasih saja, beberapa detik kemudian no yang tidak terkenal menghubungi saya, karena saya merasa tidak kenal nomor tersebut jadi saya tidak angkat. Kemudian mba durian ini bbm saya kalau dia yang telp.
Di bbm nya si mba durian ini bercerita kalau rumahnya yang beralamat ds kerinjing ogan hilir sumatera selatan itu jauh dari mesin-mesin atm, jadi untuk transaksi payment nya dia biasa mengunakan e cash atau e money nya mandiri. Honestly saat itu saya kurang familiar dengan yang namaya e cash jadi saya jawab oke saja (sambil cari informasi tentang e cash). Mba durian ini juga beberapa kali menjelaskan cara bertransaksi dengan e cash, karena siang itu ada beberapa chat orderan, harus packing dan sambil jagain anak, jadi saya iya kan saja, baru sore harinya saya buka lagi chatnya si mba durian ini dan membacanya lagi, dan ternyata si mba kirimin foto cara pengambilan dana dr atm (menurut si mba durian)
Lalu mba durian ini meminta nomor kepada saya, tentu saya pikir nomor rekening tp ternyata yg dimaksud adalah no telp saya, tanpa pikir negative saya kasih saja, beberapa detik kemudian no yang tidak terkenal menghubungi saya, karena saya merasa tidak kenal nomor tersebut jadi saya tidak angkat. Kemudian mba durian ini bbm saya kalau dia yang telp.
Di bbm nya si mba durian ini bercerita kalau rumahnya yang beralamat ds kerinjing ogan hilir sumatera selatan itu jauh dari mesin-mesin atm, jadi untuk transaksi payment nya dia biasa mengunakan e cash atau e money nya mandiri. Honestly saat itu saya kurang familiar dengan yang namaya e cash jadi saya jawab oke saja (sambil cari informasi tentang e cash). Mba durian ini juga beberapa kali menjelaskan cara bertransaksi dengan e cash, karena siang itu ada beberapa chat orderan, harus packing dan sambil jagain anak, jadi saya iya kan saja, baru sore harinya saya buka lagi chatnya si mba durian ini dan membacanya lagi, dan ternyata si mba kirimin foto cara pengambilan dana dr atm (menurut si mba durian)
Nah kaya yang kalian lihat itu ya, ada logo resminya bank mandiri lhooo. Sejak si mba durian kirim cara pengambilan dana versi dia... saya merasa ada yang aneh, jangan-jangan saya sedang dalam modus penipuan, hehehehehe anehnya dimana sih?? lha ya aneh toh masa kita ini khan yo wong indonesia masa ke mesin atm disuruh pilih bahasanya kok bahasa inggris, whahhahaa...
ke dua dia yang transfer kenapa kita yang disuruh pergi ke mesin atm untuk masukkan kode transaksi untuk mendapatkan dana yg dia transfer dengan e cash, kok tidak memudahkan malah merepotkan ya, kalau beneran seperti ini prosedurenya saya mah ogah pake e cash hahahahhaa.
Walaupun saya sudah tau ini tidak beres tapi saya sangat penasaran sekali dengan modus baru ini, jadi saat free saya teruskan saja chat saya dengan si mba durian ini supaya bisa tau mau diapakan saya ini,whahahhaa....Sembari saya chat saya juga mengumpulkan informasi tentang apa sih sebenarnya e cash dan bagaimana cara bertransaksinya. Menurut web resmi dari bank mandiri
mandiri e-cash adalah uang
elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi aplikasi di
handphone dan USSD, atau yang disebut sebagai uang tunai di handphone,
dimana yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan transaksi
perbankan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank
Mandiri.(canggih yoh) hahahha
sumber web resminya bank mandiri,nah dari penjelasan itu simple banget ya, untuk cara registrasi juga mudah cuma bermodalkan handphone tipe apapun, bahkan handphone monochrome juga bisa asal nomor perdananya aktiv,walah penake yo tekhnologi jaman sekarang, tapi untuk transaksi financialnya harus melakukan pendaftaran dicabang bank mandiri, lengkapnya klik web resminya mandiri saja ya.. http://www.bankmandiri.co.id/article/mandiri-ecash.aspx.
Jadi intinya untuk transaksi transfer ke rekening manapun, tidak memerlukan kode-kode apalah itu yang disebutkan sama mba durian (dia beralasan aplikasinya tidak update jadi prosedurnya berbeda)
Dari screen shoot diatas mba durian sengaja membujuk kita untuk pergi ke atm dan memasukkan kode transaksi, padahal sebenarnya yang dimaksud kode itu adalah nominal uang yang akan dia curi, jadi dia mau kita berpikir bahwa uang transferan dia tidak akan masuk ke rekening kita kalau kita tidak memasukkan kode transaksi di atm, hemm nulisnya ini sambil gemes deh sama mba durian pengen tak jadikan es durian buat takjil, hahahhaha.
Dari mana saya taunya modus ini, kita urutin lagi dari foto cara pengambilan dana diatas
- di point no 7 (tujuh) kita disuruh top up.. alias isi ulang (dapat transferan khan malah disuruh isi ulang) lalu
- point no 8 (delapan) disuruh masukin no e cash (no hp mba durian ) setelah itu nanti muncul perintah memasukkan nominal dengan bahasa inggris tentunya dan jika kita melakukannya saldo tabungan kita berhasil mba durian curi dan kitapun menangis... hahahahaha.
Setelah saya menolak permintaan pemotretan saldo dan merasa kalau aksinya ketahuan langsung deh saya di delete dari contact bbmnya,hahhaha.....
Dari cerita saya ini saya berharap kepada teman-teman sesama online bisa terhindar dari modus seperti ini, jangan mudah percaya terhadap calon customer yang model kaya mba durian ya dear, yang canggih dan berani mencomot logo resmi suatu bank, ingat selalu pastikan pahami terlebih dahulu metode pembayaran yang dilakukan customer kita. jangan mudah percaya dengan capturan dan alasan yang njlimet dari calon customer kita. Jika masih ragu juga jangan malu untuk bertanya kepada teman ataupun mendatangi bank yang bersangkutan. utamakan selamat ya dear... hihihihihi dan semoga bermanfaat untuk kedepannya tidak ada teman-teman online shop yang di HIT sama mba durian ini dan mba durian-durian lainnya. sugeng sonten all
Saya juga hampir kena tipu
BalasHapusiya mba sekarang banyak modus penipuan model baru
HapusWahhh, barusan saya hampir kena tipu.. Modusnya sama persis mba. Dn saya udah di atm, untung pas masukin angka di kolom Rp saya ga mau... Dan saya cancel. Soalnya aneh bgt, masa masukin nominal uang. Akhirnya ybs nelpon terus dn minta pake atm lain. Nah kbetulan ada atm yg saldonya 12rb, saya cobain pake itu aja, dn katanya ga bisa kalo saldonya segitu. Makin aneh deh. Y ampun, cari duit kok nyolong duit orang yah...bener bener jaman apaan...
BalasHapusalhamdulillah.. saya jg ampirr saja jena tipu.. si pelaku so kasih ktp dia.jg.. untung saya langsung cek google dulu sbelom brangkat atm..
BalasHapustp dia gak memintakan foto dana tabungn tetakhir.. ato mungkin belom ya.. makasih banyak mba infonya.. sangat bermanfaat.. semoga tmbah berkah jualannya..
alhamdulillah.. saya jg ampirr saja jena tipu.. si pelaku so kasih ktp dia.jg.. untung saya langsung cek google dulu sbelom brangkat atm..
BalasHapustp dia gak memintakan foto dana tabungn tetakhir.. ato mungkin belom ya.. makasih banyak mba infonya.. sangat bermanfaat.. semoga tmbah berkah jualannya..
sampahhh orang kayak gitu.. aku juga hampir kena..sok sok ngasi ktp,, alasan rumah jauh.. mungkin karena gua ribet dy mastiin lagi jadi atau enggak.
BalasHapus